Ada seorang laki-laki yang sedang makan bersama isterinya. Mereka berdua sedang menyantap ayam panggang. Tiba-tiba datang seorang pengemis. Laki-laki tersebut keluar  lalu menghardik dan mengusir pengemis. 

Selang beberapa lama laki-laki itu jatuh bangkrut. Kekayaannya habis sehingga dirinya harus cerai pula dengan isterinya.

Setelah wanita tersebut bercerai dari suaminya, ia menikah dengan seorang laki-laki lain.

Suatu hari ia sedang makan bersama suaminya. Makanan yang mereka santap adalah ayam panggang. Pintu rumah mereka ada yang mengetuk dan ternyata seorang pengemis.

Suami wanita ini berkata kepadanya, “Berikan ayam panggang ini kepada dia!”

Wanita tersebut keluar untuk memberikan ayam panggang. Ternyata, peminta-minta yang datang tersebut adalah mantan suaminya yang pertama.

Ia memberikan memberikan ayam panggang tersebut dan segera kembalikealam rumahsambil menangis.Suaminya bertanya mengenai penyebab tangisannya.

Ia menceritakan bahwa peminta-minta yang tadi itu adalah bekas suaminyayang dulu – tidak lupa ia pun mencerutakan bagaimana kisah suaminya yang pernah mengusir seorang peminta-minta ketikasedang makan seperti yang sedang mereka lakukan.

 

Suami wanita tersebut berkata, Engkau jangan heran, demi Allah saya ini adalah peminta-minta yang diusir olehnya!”

 

kisah dari  buku :

“Menggapai Hidayah dari Kisah – Kumpulan kisah dari buku-buku Al-Ghazali”

pengumpul : Isyan Basya , Penerbit : Hasyimi

Iklan